Senin, 29 Maret 2010

SEPULUH FAKTA MENARIK FRANCO BARESI














Baresi adalah seorang bek tangguh pada masanya. Dipensiunkannya nomor 6 di milan merupakan bukti perannya untuk milan di lapangan hijau. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang legenda milan satu ini:

1. Baresi juga memiliki kakak yang mengadu nasib di dunia sepakbola. Bedanya, sang kakak yang memiliki nama Giuseppe Baresi, bermain untuk Inter.

2. Setelah pensiun sebagai pemain, Baresi sempat menjadi direktur sepakbola Fulham sebelum kembali ke Milan sebagai pelatih tim junior U-20 di tahun 2002. Empat tahun kemudian ia dipercaya menangani Milan Berretti alias tim Milan U-19 hingga saat ini.

3. Sejatinya penghargaan yang diberikan FIFA itu hanya satu dari beberapa penghargaan yang didapatnya sejak tahun 1989. Total Baresi mengumpulkan enam award, dan Pemain Abad ini di Milan adalah salah satunya. Selain itu Baresi adalah salah satu dari sejimpit pemain yang memenangi tiga medali Piala Dunia, yaitu emas di Piala Dunia 1982, perak di Piala Dunia 1994 dan perunggu di Piala Dunia 1990, yang menjadikannya sebagai satu-satunya pemain Italia yang berhasil meraih tiga medali ini.

4. Pada 4 Maret 2004, oleh FIFA, Baresi dimasukkan dalam daftar 100 pesepakbola legendaris versi organisasi sepakbola tertinggi di dunia itu. Hebatnya lagi, Baresi merupakan satu-satunya pemain Milan di era 90an yang masuk dalam daftar tersebut.

5. Baresi juga hanya mengikuti dua event Piala Dunia yaitu tahun 1990 dan 1994. Padahal ia mulai dipercaya masuk ke skuad Azzurri di Piala Dunia 1982 dan melakukan debutnya untuk timnas di tahun berikutnya.

6. Di ajang Internasional, Baresi sedikit kurang beruntung. Penampilannya bersama Milan memang mendapat pujian, namun karir mengkilapnya itu juga tertutup karena ia muncul bersamaan dengan pemain legendaris Italia lainnya, Gaetano Scirea. Jadinya, penampilannya bersama Azzurri sedikit tertahan dan hanya mencatat 81 caps dengan mencetak sebiji gol.

7. Keputusan pensiunnya pada waktu itu benar-benar diapresiasi pihak klub. Bentuknya, nomor punggung #6 yang sudah menjadi miliknya kini juga dipensiunkan dan dijamin tak akan dipakai oleh pemain lain.

8. Selama 20 tahun membela Milan, ia tampil di 532 laga dan mencetak 16 gol di berbagai kompetisi. Bentuk kontribusi nyata dari pemain yang memiliki julukan piscinin itu, dalam dialek Milan yang berarti 'si kecil', adalah enam gelar scudetti dan tiga tropi kejuaraan Eropa.

9. Milan adalah menjadi satu-satunya klub yang dibela Baresi selama 20 tahun berkarir sebagai pemain. Ia memulai karirnya di usia 17 tahun dan pensiun di usia 37 pada tahun 1997.

10. Franco Baresi adalah salah satu legenda hidup Milan. Walau demikian ia bukan penduduk asli Milan karena ia lahir dan dibesarkan di Travagliato, Propinsi Brescia pada 8 Mei 48 tahun silam.

0 komentar:

FRIEND

PESAN

AC MILAN | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all