Senin, 29 Maret 2010

PROFIL RONALDINHO














Profil Ronaldinho
Nama Lengkap: Ronaldo de Assís Moreira
Nama Panggilan : Ronaldinho, Dinho, Ronaldinho Gaúcho
Tanggal lahir: 21 Maret 1980
Posisi : Gelandang Serang, Striker


Informasi Klub:
Klub saat ini : AC Milan
Klub Sebelumnya : Paris Saint-Germain (2001-2003) Gremio (1998-2001) FC Barcelona (2003-2008)
Tim Nasional : Brasil


Tentang Ronaldinho
Ronaldinho lahir di Porto Alegre, Brasil. Ayahnya seorang pekerja kapal dan ibunya seorang perawat. Ayahnya meninggal ketika Ronaldinho berusia 9 tahun. Sejak masa kanak2nya Ronaldinho sudah mencintai sepak bola. Kakak Ronaldinho, Roberto, juga seorang pemain sepak bola yang hebat di Gremio, namun harus pension karena menderita cedera. Robertolah yang menginspirasi Ronaldinho untuk berkarir secara profesional di sepak bola.

Ronaldinho memulai berkarir sepak bola di Gremio de Porto Alegre, di mana bakat yang dimilikinya segera menarik perhatian dunia sepak bola. Selama empat musim di Gremio, Ronaldinho juga sudah ikut serta di Tim Nasiional Brasil. Ronaldinho memenangkan Copoa America tahun 1999 dengan mencetak 6 gol pada pertandingan melawan Venezuela.

Tahun 2001, Ronaldinho memutuskan untuk mencoba keberuntungannya di sepak bola Eropa dan bergabung dengan tim di Liga Perancis PSG. Selama di PSG, Ronaldinho tidak meraih sukses seperti yang diharapkannya, tapi Ronaldinho tetap bermain cemerlang dengan Tim Nasional Brasil dan memenangkan gelar Piala Dunia 2002 Korea/Jepang.

Pada permainan pertamanya di Barcelona, Ronaldinho sudah membuat penggemar terkesima dengan keahlian sepak bolanya yang mengagumkan. Kemampuan Ronaldinho untuk menentukan arah pertandingan dengan permainan solonya menjadikannya sebagai ikon sepak bola di awal millennium ini.

Selama musim pertama Ronaldinho di Barca, tim tersebut menorehkan prestasi yang sensasional, yaitu 17 kali pertandingan tanpa kalah dan menempati posisi kedua La Liga.

Prestasi dan Penghargaan yang pernah diraih Ronaldinho:

• Pelé named Ronaldinho in his 125 Top Living Footballers in March 2004.
• FIFA World Player of the Year: 2004, 2005
• World Soccer Player of the Year: 2004, 2005
• European Footballer of the Year: 2005
• FIFPro World Player of the Year 2005, 2006
• FIFPro World XI: 2005, 2006, 2007
• UEFA Club Footballer of the Year: 2005-06
• UEFA Club Best Forward: 2004-05
• UEFA Team of the Year: 2004, 2005, 2006
• Best foreign player in La Liga: 2004, 2006
• EFE Trophy: Best Ibero-American Player in La Liga: 2004
• FIFA World Cup 2002 All-Star team: 2002
• FIFA Club World Cup Bronze Ball Award: 2006
• FIFA Confederations Cup Top Scorer: 1999
• FIFA Confederations Cup Golden Ball: 1999
• Rio Grande do Sul State Championship Top Scorer: 1999


profil prestasi karir ronaldinho di ac milan




















Sejarah dan Catatan Karir Sepak Bola Profesional Ronaldinho

Gremio

Sejak awal bergabung dengan Gremio 1998, Ronaldinho sudah menunjukkan control bola yang hebat dan cekatan dalam mengolah si kulit bundar. Tapi sang pelatih masih kurang yakin terhadap Ronaldinho. Ronaldinho memulai debut di Copa Libertadores sebagai pemain cadangan. Tapi penggemar mendesak pelatih agar memasukkan Ronaldinho di Tim inti. Dan permainan hebatnya di Copa Libertadores tersebut membuat Ronaldinho dipanggil untuk bergabung dengan Tim Nasional Brasil tahun 1999.

Paris Saint-Germain

Ronaldinho bergabung dengan Paris Saint-German pada pertengahan 2001, setelah PSG memenangkan persaingan dengan Arsenal untuk mendapatkan Ronaldinho. Tahun pertamanya di Paris, Ronaldinho dituduh oleh pelatihnya, Luis Fernandez, tidak bisa bekerja sama untuk kemajuan tim. Dia menyatakanbahwa Ronaldinho terlalu sering keluar malam. Hubungan Ronaldinho dengan klub Perancis tersebut, bukanlah saat-saat terbaiknya.

Tahun berikutnya, setelah penampilan luar biasanya di Piala Dunia Korea/Jepang, Ronaldinho terpaksa memilih untuk pindah dari PSG. Barcelona dan Manchester United bersaing untuk mendapatkannya. Tapi Barca menawarkan bayaran yang lebih tinggi, sehingga Ronaldinho memutuskan untuk pindah ke Barcelona.

FC Barcelona
Ronaldinho menandatangani kontrak dengan Barcelona pada tahun 2003. Selama musim pertama di Barca, Ronaldinho mengalami cedera yang cukup parah yang memaksa Ronaldinho istirahat dan tidak ikut bermain di banyak pertandingan. Tapi ketika pulih, Ronaldinho kembali memainkan “sihir” sepak bolanya dan bersama timnya meraih posisi kedua di La Liga (posisi pertama Valencia).

Di musim berikutnya Ronaldinho, Eto’o, Puyol dan Xavi bergabung dan menjadi tim yang luar biasa. Pada musim ini Barcelona meraih gelar La Liga, tapi di Liga Champions mereka di kalahkan Chelsea pada 16 besar.

Barcelona melakukan balas dendam pada musim 2005-2006. Mereka berkeinginan kuat untuk merebut gelar Liga Champion, dan Barca berhasil. Ronaldinho berperan sebagai pemain kunci dan Barcelona pun meraih gelar Liga Champion untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya Barcelona juga meraih gelar La Liga lagi, dengan dua gol bersejarah melawan Real Madrid di stadion Bernabeu.

Musim 2006-2007 menjadi musim yang kelabu bagi Ronaldinho dan Barcelona. Barcelona gagal mempertahankan gelar La Liga dan gagal di Liga Champions. Barcelona juga gagal di final FIFA CWC melawan Inter de Porto Alegre di Jepang. Pers menimpakan kesalahan kepada Ronaldinho atas semua kegagalan Barca tersebut. Ronaldinho ingin pergi dari Barcelona dan klub itu pun ingin menjualnya.



sejarah karir ronaldinho di tim nasional brasil













AC Milan
Juli 2008, Ronaldinho bergabung dengan AC Milan. Ronaldinho mencetak gol pertamanya untuk Milan saat mengalahkan Inter 1-0 di laga derby.

Ronlado mengakhiri musim pertamanya di AC Milan dengan mencetak 10 goal dalam 32 penampilannya.

Ronaldinho di Tim Nasional Brasil
Ronaldinho adalah satu diantara sedikit pesepakbola yang bermain di Timnas Brasil di semua level; U15, U17, U20, U23 dan senior.

Piala Dunia 2002 – Dinho menjadi bagian “Trio R”, Ronaldinho, Ronaldo dan Rivaldo. Mereka membawa Brasil memenangkan Piala Dunia 2002. Ronaldinho mencetak dua gol dan pers menyatakan dia sebagai pemain terbaik di Piala Dunia tersebut. Penampilan Ronaldinho di Piala Dunia 2002 menjadikannya seorang bintang.

Piala Dunia 2006 menjadi salah satu moment terburuk bagi Ronaldinho. Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2006 di babak perempat final setelah dikalahkan Perancis. Penggemar dan pers mengkritik mereka, terutama Ronaldinho dan Ronaldo. Mereka menghancurkan patung Ronaldinho yang berada di kota Chapeco.

0 komentar:

FRIEND

PESAN

AC MILAN | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all